Tuesday, January 6, 2015

Semacam Resolusi

Teman saya menamai anaknya Takeru.

Bagi yang menonton Digimon Adventure--ya, kamu nggak salah dengar. Takeru dari Takeru Takaishi, pemegang crest Harapan alias Hope. Nama lengkapnya Zaid Takeru Nurhadi. Ayahnya seorang mubaligh, dan beliau cukup keren karena mubaligh mana yang menonton anime?

Bicara tentang Takeru, di 2015 ini Digimon Adventure Tri akan segera keluar. Siapa yang nggak mau melihat Taichi dkk. masuk SMA? (Mungkin dia tidak mengerti serunya petualangan di dunia digital, atau dia bukan anak terpilih) Tetapi, cukup sudah ke-otaku-annya. Banyak hal yang menunggu kita semua di tahun masehi ini, mulai dari kelanjutan serial kesukaan sampai project baru. Daftar di bawah ini termasuk favorit saya.

News & Project Stuff 

1. Wisuda


Sebetulnya ini sudah terlaksana 20 Desember lalu. Bagi prodi baru dengan jumlah mahasiswa terbatas seperti IPSE, acara ini menjadi penting dan cukup besar. Di sinilah kami bersembilan belas (awalnya 21) berkumpul lagi setelah beberapa bulan.



Kalau ngomongin soal IPSE, rasanya saya butuh postingan baru lagi. Tapi intinya, dari wisuda ini saya mendapat banyak kebahagiaan, apalagi ternyata itu tak terputus sampai bulan ini. Tita akan segera memiliki momongan (yay, keponakan baru!), Dineu akan menikah tanggal sepuluh besok, beberapa teman sudah ditempatkan di sekolah internasional yang nyaman, dan sahabat saya, Silmi, akan menunaikan umroh. Dari satu tempat saja sudah banyak agenda yang ditunggu, bukan?

2. Komik Sains

Pernah dengar (atau baca) saya berhenti bikin komik? Scratch that. I take that back. Saya masih ditakdirkan di sana ternyata. Saya memang kurang puas dengan skripsi saya yang mengambil tema komik fisika. Selain karena kurang berpengalaman, akhirnya di sana saya menyadari kalau gambar saya payah dibanding gambar teman-teman dari komunitas.


Tapi yang namanya hati, cuma Tuhan yang punya kendali. Saya dipertemukan dengan Teh Hanna, mahasiswi pascasarjana UPI yang sedang menggarap tesis di bidang komik sains. Dari situlah saya ditanya-tanya soal referensi, fokus penelitian, sampai akhirnya tawaran untuk membuat komiknya.

Secara pribadi, ini menjadi suatu lompatan yang baik. Saya berjanji akan bekerja maksimal dan tidak menyia-nyiakan kesempatan menebus skripsi kemarin ini. Insya Allah cerita, perkembangan dan sneak peek-nya akan diposting nanti. Demi pendidikan Indonesia yang lebih baik, mohon doanya agar tesis Teh Hanna bisa lancar sampai akhir, ya :D

3. Buku

Sepanjang 2014 kemarin, saya paling banyak belajar soal buku, entah itu komik atau novel. Komik, tentu saja karena skripsi, dan novel, karena itu passion saya yang secara alamiah mendorong saya untuk menjadi lebih baik. Saya sangat bersyukur bisa dikasih perasaan seperti itu.

Jadilah, saya banyak belajar soal menulis. Dari mentor di kelas menulis online #LoveFlavour yang notabene penulis profesional, editor, advance readers di Goodreads, penulis di meet and greet, teman-teman, dan tentunya latihan sendiri. Hasilnya alhamdulillah terasa. Sebetulnya saya sudah merampungkan cerita di tengah tahun kemarin, namun begitu dibaca lagi sekarang, muka saya langsung seperti ini:


Dan, di Januari ini, saya sangat menunggu kedatangan karya pertama saya yang dibukukan (plus timbal-baliknya) juga manuskrip lain yang akan selesai. Dua kesibukan--membuat komik dan menulis--menjadikan hari-hari saya terasa surgawi. Semoga semuanya juga dilancarkan sampai akhir dan berkah, aamiin :)

Entertainment Stuff

1. Novel

Gayle Forman bakal meluncurkan novel terbarunya, I Was Here. Lalu ada sekuel Dorothy Must Die dan To The Boys I've Loved Before. Dan Crimson Bound dari novelis favorit saya baru-baru ini, Rosamund Hodge juga mau keluar. Kayaknya tahun ini bakal penuh dengan buku bagus!

2. Serial


Tentu saja yang paling saya tunggu adalah Digimon Adventure Tri. Yap, Tri dengan titik. Saya penasaran apa Hikari bakal jadian sama Takeru (please please please jadi, dong! Jangan digantung kayak di DA 02 cuma buat memuaskan para fujoushi) dan Yamato sama Sora. Lalu ada Game of Thrones juga, tapi kabarnya para fans memprediksikan Season 5 bakal penuh dengan asal-usul Jon Snow, yang ternyata seorang noble yang paling noble! (Yeah, because you know nothing, Jon Snow) Untuk Kuroko no Basuke season 3, bisa dipastikan masih ada bromance (kayak mereka punya nyali buat menghapus elemen itu saja! :P)

Sebetulnya banyak yang tadi saya pikirkan, tapi kenapa jadi buyar begini...

Mungkin segitu saja untuk kali ini. Sebelum ditutup, saya mau berterima kasih pada orang-orang yang dikirim Tuhan untuk menemui saya sepanjang tahun kemarin, yang menjadikan saya pribadi ter-upgrade. Semoga doa dan keberkahan selalu menyertai kalian semua.

Dan karena di awal menyinggung Takeru alias Hope, saya berharap tulisan ini bermanfaat buat yang membaca, juga menjadi pengingat kalau saya sudah mulai mendapatkan harapan kembali. Juga cahaya atau Hikari, tentu saja. Apa jadinya harapan tanpa cahaya?

Jadi, betul kan, Takeru bakal jadian terus nikah dan bahagia sama Hikari?

No comments:

Post a Comment