Saturday, May 28, 2016

Trailer 28 Detik

Wah! Apa-apaan ini? Maksud judulnya apa?

Itulah reaksi saya ketika melihat kalimat yang sama di sebuah caption foto Instagram. Disertai tagar #kopikasep dan #28detik, beberapa foto sejenis yang menggambarkan proses syuting juga terlihat diposting dari akun yang berbeda-beda. Padahal tadinya saya hanya iseng menjelajah aplikasi itu, tapi nyatanya malah menemukan sesuatu yang membuat jantung berdegup-degup. Jadi, ada yang membuat adaptasi film 28 Detik? Siapa? Kapan?

Dan... mengapa saya baru tahu?

Ternyata... trailer itu adalah hasil akhir tugas matkul Studio 3 dan 4 dari mahasiswa Telkom University Bandung. Di Studio 3 mereka diminta untuk membedah novel, dan di Studio 4 mereka mengeksekusi adaptasinya dalam bentuk trailer. Setelah saya mendapati foto-foto mengejutkan (yang jujur saja bikin senang juga) itu, saya langsung menghubungi pihak yang mengunggah videonya. Alhamdulillah mereka langsung menjawab dan responsnya baik.

Saya pribadi girang sekali waktu tahu kabar ini, terlepas dari sifatnya entah itu komersil atau apa. Karena ternyata ada yang bersedia mengapresiasi karya saya dalam bentuk lain yang lebih lengkap dan bisa menjangkau lebih banyak orang. Kalau buku mungkin bisa dibaca berhari-hari, tapi kalau trailer 3 menit juga selesai :D Ditambah, persiapannya tampak cukup matang dan serius. Mulai dari apron, pemilihan latar dan pemeran, sampai sinematografinya. Fakta unik: lokasi syuting yang mereka ambil, Yellowtruck Cafe Jl. Sunda, adalah kedai yang pernah saya datangi dan salah satu tempat riset saya waktu menulis 28 Detik! Jadi kopi di situ pastinya memengaruhi apa yang ada di novel (Pertanyaannya... kok mereka bisa tahu, ya? Keren...).

Kata Kang Rizki selaku DOP, mereka memang sengaja menagari #kopikasep karena itulah nama kelompok mereka selama menjalani tugas kuliah itu. Tapi yang mengunggah foto ke Instagram justru bukan mereka, melainkan pihak penyedia cast yaitu Tamproject dan cast-nya sendiri! Sepertinya saya harus berterima kasih pada para artisnya karena sudah excited dan 'memberitahu' saya tentang trailer itu lewat foto-foto mereka, hehe. Dan sejauh yang saya tahu, mereka adalah artis lokal yang cukup dikenal. Sebagian model dan sebagian lagi penyiar di radio 'kawula muda'. Wow! Untuk tugas kuliah saja sampai sebegitu niatnya, ya... dan hasilnya memang terlihat, sih.

Nah, penasaran bagaimana hasil akhirnya? Untuk yang sudah membaca 28 Detik, silakan lihat sendiri apa tokoh-tokohnya sesuai dengan bayangan, ya :D (dan yang belum, ayo buruan baca!) Sekali lagi, terima kasih kelompok #kopikasep untuk trailer yang keren ini! Selamat menonton :)

NB: Lihat di YouTube untuk tayangan yang lebih besar dan info lainnya.

No comments:

Post a Comment